Notification

×

Iklan

Iklan

Pertemuan Menlu RI dengan Ratu Maxima di Denhaag, Bahas Inkluvitas Keuangan

Jumat, 02 Juli 2021 | 16:00 WIB Last Updated 2021-07-02T09:00:56Z

Menlu Retno, dalam press briefing virtual,Kamis(1/7/2021)

 
Jakarta.Internationalmedia.id.-Menlu RI, Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Ratu Maxima, dalam kapasitasnya sebagai Penasehat Khusus Sekjen PBB mengenai isu Financial Inclusion dan Honorary President of the G20 Global Partnership for Financial Inclusion di Denhaag,Belanda.


Dalam pertemuan dengan Ratu Maxima, pembicaraan terfokus pada isu financial inclusion dan Retno menyampaikan perkembangan Indonesia dalam isu financial inclusion, kata Menlu Retno, dalam press briefing virtual pada Kamis (1/7/2021).

 

Disampaikan bahwa bahwa sepanjang tahun 2020, Indonesia telah mencapai kemajuan inklusivitas keuangan. Indeks inklusivitas keuangan Indonesia telah mencapai 81 persen pada 2020 dibandingkan dengan 76 persen pada 2019.

 

Kemudian, data OJK tahun 2019 juga disampaikan yang terus mengalami kemajuan.Capaian tersebut diakui oleh Ratu Belanda dan dianggap sebagai model untuk dapat dibagi pengalamannya dengan negara lain. 

 

Secara khusus kita membahas mengenai peran perempuan dalam ekonomi. Perhatian perlu diberikan bagi perempuan dalam isu financial inclusion dan juga digital ekonomi, tambah Retno.

 

Selain itu, dalam pertemuan dengan PM dan Menlu Belanda yang dilakukan secara terpisah, digunakan kesempatan  untuk membahas upaya untuk meningkatkan kerjasama bilateral antara Indonesia-Belanda.

 

Belanda adalah salah satu mitra ekonomi Indonesia terpenting di Uni Eropa.

 

Berkaitan dengan hal itu, secara khusus kita membahas mengenai peran perempuan dalam ekonomi. Perhatian perlu diberikan bagi perempuan dalam isu financial inclusion dan juga digital ekonomi.

 

 

Untuk perdagangan, pada 2019 Belanda adalah negara tujuan ekspor RI terbesar di Eropa dengan nilai sekitar USD 3,2 miliar. Pada 2020 di saat pandemi, Belanda menjadi tujuan ekspor terbesar bagi Indonesia di Eropa dengan nilai USD 3,1 miliar.

 

Dalam investasi, pada 2019 Belanda merupakan investor terbesar dari Eropa dengan 1.346 proyek senilai USD 2,6 miliar.Dan di tahun 2020 di saat pandemi, Belanda menjadi investor kedua terbesar setelah Swiss dengan nilai USD 1,4 miliar.

 

Di dalam pembicaraan saya dengan Menlu Belanda, salah satu hasil yang konkret adalah keputusan Pemerintah Belanda untuk memberikan bantuan vaksin ke Indonesia sebesar 3 juta vaksin jadi.Pengirimannya akan dilakukan secepatnya.

 

Dalam pertemuan bilateral tersebut, baik dengan Menlu Belanda maupun PM Belanda, kita juga menjajaki kemungkinan kerja sama yang serupa, tetapi untuk obat-obatan terapeutik,kata Retno.(lysmar)

×
Berita Terbaru Update