Notification

×

Iklan

Iklan

Indonesia Menerima 3 Juta Dosisi Vaksin dari Pemerintah Amerika

Senin, 12 Juli 2021 | 12:45 WIB Last Updated 2021-07-12T05:45:44Z

Menlu RI, Retno L Marsudi

Jakarta.Internationalmedia.id.- Indonesia menerima 3.000.060 dosis vaksin Moderna, dukungan kerja sama internasional dari Pemerintah Amerika Serikat melalui jalur multilateral Covax Facilities,Sabtu(10/7/2021).

 

Ini merupakan pengiriman tahap pertama vaksin Moderna dari Pemerintah AS, kata Menlu RI, Retno L Marsudi dalam Press Briefing, Sabtu di Jakarta.

 

Vaksin Moderna yang berbasis mRNA ini telah mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA) izin pakai di masa darurat dari BPOM pada 2 Juli 2021.

 

Sesuai komunikasi kami dengan beberapa kolega kami di AS, termasuk Menteri Luar Negeri dan National Security Advisor AS, Amerika Serikat berkomitmen memberikan dosis sharing vaksin kepada Indonesia berjumlah 4.500.160 dosis. Saya ulangi, 4.500.160 dosis.

 

Atas nama Pemerintah Indonesia, saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan terhadap Pemerintah AS yang telah berbagi dosis vaksin kepada Indonesia melalui Covax Facility ini.

 

Sebagaimana diketahui, mekanisme doses-sharing atau berbagi vaksin adalah bagian dari mekanisme multilateral untuk memastikan akses setara terhadap vaksin untuk semua negara yang secara terus[1]menerus dibahas dalam pertemuan-pertemuan COVAX Facility.

 

Indonesia secara konsisten mendukung mekanisme berbagi dosis tersebut guna mempercepat pencapaian prinsip kesetaraan vaksin bagi semua negara.Dalam catatan Kementerian Luar Negeri, dengan ketibaan vaksin Moderna hari ini, Indonesia telah mengamankan 122.735.260 dosis vaksin, baik berubah vaksin curah maupun jadi, dengan rincian:

 

- Sinovac: 108.500.000 dosis, di mana sebagian besar dalam bentuk 

curah;

- AstraZeneca dari jalur Covax Facility: 8.236.800 dosis

- Sinopharm: 2.000.000 dosis vaksin jadi (di mana 500.000 

diantaranya adalah dukungan dari pemerintah UAE)

- AstraZeneca (dukungan doses-sharing bilateral dari Jepang): 

998.400 dosis

- Moderna (dose-sharing AS melaui Covax Facility): 3.000.060 dosis

 

Saat ini Indonesia juga telah menerima tawaran dukungan dari beberapa negara, antara lain Jepang, akan mengirimkan tahap kedua vaksin AstraZeneca. Kemudian tawaran serupa juga datang dari Belanda, Inggris, Australia, dan Uni Emirat Arab untuk dose-sharing yang kedua.


Jutaan vaksin dari jalur pengadaan komersial maupun dari dukungan internasional dan bilateral direncanakan akan tiba pada Juli ini.

 

Pemerintah akan terus bekerja keras untuk memastikan ketersediaan vaksin bagi Indonesia. Kesehatan dan keselamatan rakyat akan selalu menjadi prioritas.

 

Dan sebagai tambahan, dapat saya sampaikan juga berbagai tawaran dukungan telah kita terima dari negara sahabat lain, yaitu dalam bentuk ventilator, oxygen concentrators, obat-obatan, dan peralatan medis lainnya.

 

Hari Jumat lalu telah tiba dukungan dari Singapura dan Australia. Hari ini dukungan dari Singapura melalui jalur laut juga telah beranggkat dari Singapura dan menurut rencana akan tiba di Pelabuhan Tanjung Priuk tanggal 14 Juli yang akan datang, yang antara lain berisi oxygen concentrators dan oxygen cylinders.

 

 Apresiasi kami atas dukungan kerja sama yang diberikan oleh Singapura dan Australia.

 

 Solidaritas, kolaborasi, dan kerja sama agar dunia dapat segera lepas dari pandemi ini secara bersama No one is safe until everyone is, kata Menlu.(marpa)

×
Berita Terbaru Update