-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Hadapi PON 2021 Papua, Pencak Silat Jawa Barat Berlatih Sambil Berkhayal

Selasa, 15 Juni 2021 | 6/15/2021 WIB Last Updated 2021-06-15T09:01:26Z

Tim Pelatda Pencak Silat Jawa Barat PON 2021, berfoto ketika ikuti program karakter building di Cikole Lembang Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat.(Mei 2021)

Bandung.Internationalmedia.id.-Menerapkan metoda latihan khayalan menjadi salah satu kiat Tim Pelatda Pencak Silat Jawa Barat dalam menghadapi lawan lawannya pada PON 2021 Papua.

 

Formula imageri(gambar) ditekankan untuk mengcover kekurangan latih tanding dimasa pandemi covid karena metode latihan pelatda Pencak Silat Jabar pada saat ini berbeda penanganannya ketimbang ketika pelatda PON 2016.

 

Sekarang ada pembaharuan. Agar pada masa pandemi tidak berpengaruh besar terhadap aspek fisik, termasuk minimnya sparing.

 

Ika Lesmana, S.Pd, salah satu dari 6 pelatih, ketika dijumpai kemarin Senin, 14/6/2021 petang di Padepokan Pencak Silat Jl. Pajajaran Bandung menuturkan,   berlatih imageri dengan materi atlet membayangkan sedang menghadapi lawan ( shadow ), atlet pencak silat bisa arahkan kealam bawah sadar. Manfaat imageri pesilat bisa mengasah jurus dan teknik melalui bayangan.

 

"Berlatih imageri tetap didampingi dan diarahkan pelatih. Pelatih terlebih dahulu mempelajari hypnochampion sebagai bekalnya. Kami mendapat metoda itu dari DR, Rossy Nurasjati, mantan juara dunia putri karate Indonesia (Jabar)." kata Ika Lesmana.

 

Pada sisi lain kiat mengatasi calon lawan lawannya, tim pelatda Pencak Silat Jawa Barat yang  memonitor conten youtube kejuaraan pesilat.

 

Sementara Manajer Pencak Silat Jawa Barat PON 2021 DR, Mulyana, M.Pd, tim yang dimanejnya itu dikabarkan sangat solid. Dukungan dari Koni Jabar berupa perlengkapan sangat memadai, termasuk angarannya.

 

"Anggaran keseluruhan Rp 470.000.000,- itu harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat melalui prestasi. Memang anggarannya turun bertahap karena pandemi.

 

Untuk anggaran 2020 Rp. 320.000.000,- sudah dimanfaatkan perlengkapan dan keperluan pelatda. Tahap berikutnya yang sedang diolah sebesar Rp.150.000.000,-.

 

Ini untuk perlengkapan tanding atlet pencak silat Jawa Barat, itemnya sedang disusun  Pengurus Provinsi Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia Jawa Barat, Pengprov IPSI Jabar dan Tim Pelatda Pencak Silat Jabar guna melengkapi permohonan ke Koni Jawa Barat.

 

Semua produk perlengkapan tanding made in dalam negeri. Ya menyesuaikan dengan Pencak Silat yang lahir dari Bumi Pertiwi. kata Mulyana, mantan atlet pencak silat yang juga dosen FPOK UPI Bandung itu.

 

Untuk melihat evaluasi hasil sementara pelatda, direncanakan try out ke Bali (Juli), try in lawan Papua (Juni).

 

Cabang Pencak Silat Jawa Barat PON 2021, berkekuatan 20 atlet, untuk nomor tanding, Tunggal Ganda Regu (TGR). 11( sebelas ) pesilat diantaranya eks PON 2016 yang berhasil meraih 7 emas, 2 perak, 3 perunggu. Target pada PON 2021, 5 medali emas.

 

Adapun Susunan Pelatih, sebagai berikut:

1. Feri Hendarsin (pelatih kepala)

2. Surianto (pelatih)

3. Ika Lesmana (pelatih)

4. Cece Hermawan (pelatih)

5. Syakera Pujasmedi (pelatih)

6. H.Dedi Supriadi (pelatih). (PH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update