-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Warga Mesir Antusias Kuliah di PTN Unggulan Indonesia

Kamis, 20 Mei 2021 | 5/20/2021 WIB Last Updated 2021-05-20T05:08:35Z


Jakarta.Internationalmedia.id.- Antusiasme warga Mesir untuk belajar di Indonesia sangat tinggi karena berbagai alasan, seperti  hubungan historis yang kuat, kesamaan budaya, dan posisi Indonesia sebagai negara dengan penduduk beragama Islam terbesar di dunia.

 

Saat ini, Pemerintah Republik Indonesia menawarkan beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) yang mulai dibuka pada tanggal 10 Maret 2021 hingga 4 Mei 2021 dengan Pengumuman kelulusan akan dilaksanakan pada minggu pertama Juni 2021.

 

Antusiasme warga Mesir terlihat dari 56 orang yang mengajukan beasiswa KNB 2021 dari kuota 200 beasiswa KNB. Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, Mesir mendapatkan quota sekitar 10-15 beasiswa.

 

​Dari 56 orang​ tersebut, menurut Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Cairo,  Bambang Suryadi yang mendaftar untuk jenjang sarjana (S1) sebanyak 6 orang, jenjang magister (S2) sebanyak 48 orang dan doktoral (S3) sebanyak 3 orang.

 

Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan dengan peminat pada tahun 2019 sebanyak 34 orang.  “Angka ini kita dapatkan dari data mereka yang meminta rekomendasi ke KBRI sebagai persyaratan untuk mengajukan beasiswa KNB tahun 2021.

 

Meningkatnya peminat  ini salah satunya karena pada tahun 2020 karena  pandemi Covid-19, beasiswa KNB sempat ditunda. Ketika pada tahun 2021 beasiswa KNB dibuka lagi, maka membludak peminat dari warga Mesir," ujarnya.

 

Sampai saat ini tercatat 34 orang dari warga Mesir yang belajar di Indonesia melalui beasiswa KNB sejak tahun 2017. Namun, jika dibandingkan dengan jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di Mesir, jumlah ini masih belum sebanding. Sampai awal 2021 ini, lebih dari 10.000 mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di Mesir, terutama di Universitas Al-Azhar.

 

Lebih lanjut Atdikbud KBRI Cairo menyebutkan terdapat aspirasi supaya Pemerintah RI membuka peluang belajar di Indonesia melalui beasiswa KNB tidak hanya terbatas pada perguruan tinggi umum, tetapi juga pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) seperti Universitas Islam Negeri (UIN) yang berjumlah 17 universitas di seluruh Indonesia. 

 

Banyak juga Warga Mesir yang berminat belajar agama di Indonesia.Oleh karena itu, perlu difasilitasi supaya mereka bisa masuk UIN. Apalagi saat ini UIN tidak hanya fokus pada bidang ilmu agama, tetapi juga pada ilmu eksakta, sosial, dan humaniora, ucapnya.

 

Beasiswa KNB adalah beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia kepada pelajar atau mahasiswa internasional dari negara-negara berkembang untuk meneruskan studi jenjang sarjana, magister, dan doktoral di perguruan tinggi di Indonesia.

 

Tahun ini terdapat 891 program studi yang ditawarkan, tersebar di 23 Universitas terbaik di Indonesia. Jumlah beasiswa yang ditawarkan pada tahun anggaran 2021 adalah sebanyak 200 beasiswa yang terdiri dari 10 beasiswa program S3 (doktoral), 180 beasiswa program S2 (magister) dan 10 beasiswa untuk program S1 (sarjana).​​​​(marpa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update