Jakarta.Internationalmedia.id.- Sebagai wujud dukungan guna mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional di sektor pariwisata, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI berkolaborasi dalam mengembangkan Jaringan Pariwisata (JP) Hub.
Adapun
penunjang utama JP Hub adalah Wonderin.id yang merupakan platform digital untuk
travel dan tourism Indonesia yang dikembangkan Telkom.
Tujuan
dari adanya kerja sama ini adalah untuk mewujudkan digitalisasi industri
pariwisata di lima destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) di Indonesia.
Ruang
lingkup kerja sama meliputi pelatihan dan pendampingan pelaku pariwisata dalam
digitalisasi sektor akomodasi, tempat wisata, dan paket wisata. Program ini
dimulai dari lokasi di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang merupakan
Destinasi Pariwisata Super Premium yang dicanangkan oleh Presiden RI, Joko
Widodo.
Nantinya
10 kabupaten menjadi target pelaksanaan digitalisasi (onboarding) adalah Kab.
Manggarai, Kab. Manggarai Barat, Kab. Manggarai Timur, Kab. Ngada, Kab. Nageko,
Kab. Ende, Kab. Sikka, Kab Lembata, Kab. Flores Timur, dan Kab. Alor.
Direktur BAKTI, Anang Latief, menyampaikan, “BAKTI Kominfo selain melakukan pemerataan infrastruktur terutama di daerah Terdepan, Terluar, dan Terpencil, serta daerah yang masih belum memiliki akses telekomunikasi, juga melakukan pengembangan ekosistem digital.
Salah satunya kerja sama dengan Telkom tidak hanya terbatas
menyediakan koneksi telekomunikasi, namun juga memberikan nilai nambah dalam
bentuk kemampuan digital untuk menunjang ekonomi masyarakat khususnya terkait
pariwisata.“
SVP
Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza, mengatakan,
“Telkom terus berinisiatif untuk mengambil peran terdepan dalam memastikan
adopsi pemanfaatan teknologi berbasis digital guna mendorong pemulihan
perekonomian, termasuk industri pariwisata.
Melalui
Wonderin.id kami akan senantiasa mendorong upaya kolaboratif bersama seluruh
pemangku kepentingan guna mencapai proses digitalisasi pariwisata yang lebih
baik ke depannya.”
Reza
menambahkan, pelatihan ini diharapkan menjadi kegiatan interaktif yang mampu
memfasilitasi para pemilik usaha untuk mengembangkan potensi bisnisnya berbekal
transformasi digital yang diterapkan secara holistis.
Diharapkan,
layanan ini akan mempermudah proses pengelolaan hingga penjualan sehingga
berbagai pengelola bisnis wisata dapat terus bergerak maju mengikuti
perkembangan terkini.
Kami
meyakini dengan adanya digitalisasi akan menjadikan Indonesia lebih baik lagi.
Wonderin.id
merupakan platform digital pariwisata Indonesia besutan Telkom yang menjadi
solusi teknologi yang mendorong pengembangan ekosistem pariwisata, dengan
menghadirkan layanan unggulan yang mencakup XGDS (Global Distribution System)
untuk membangun jembatan serta jaringan yang kuat dengan mitra pariwisata dalam
memasarkan produk dan layanan, menyederhanakan akses distribusi serta informasi
dan analisis bisnis perjalanan untuk meningkatkan pengalaman transaksi bagi
para mitra.
Setelah
bekerja sama dengan berbagai pihak baik BUMN dan pelaku pariwisata, Wonderin.id
terus memperkuat perannya dalam mendampingi para pelaku UMKM untuk menjadi
penggerak utama pertumbuhan perekonomian pariwisata nasional serta kemajuan
ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.(Ter)