-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Disdik Jabar Berkomitmen Wujudkan “Merdeka Belajar”

Senin, 03 Mei 2021 | 5/03/2021 WIB Last Updated 2021-05-03T14:48:01Z

Kadisdik Jabar, Dedi Supandi

Tasikmalaya. Internationalmedia.id.-Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar Dedi Supandi mengatakan, pihaknya berkomitmen mewujudkan merdeka belajar yang bermuara pada kabahagiaan siswa dan menjadi manusia Jabar yang juara lahir dan batin.

 

Hal ini disampaikan pada acara peluncurantiga inovasi di bidang pendidikan, yakni Aplikasi Sistem Informasi Lapor Penahanan Ijazah (Silapiz), Pekan Pengambilan Ijazah, dan Jabar Eksis (Ekspose Karya Siswa) via konferensi video dari Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (2/5/2021).

 

Tiga inovasi yang diluncurkan, menurut Dedi, menjadi salah satu bentuk komitmen Pemda Provinsi Jabar mendukung merdeka belajar.

 

"Tiga program inovasi tersebut adalah upaya kita mendukung Merdeka Belajar yang diluncurkan dalam momentum Hardiknas tahun ini," kata Dedi.

 

Dedi menjelaskan, aplikasi Silapiz akan memudahkan peserta didik melaporkan penahanan ijazah yang dilakukan oleh satuan pendidikan. Padahal ijazah adalah salah satu hak anak yang harus dipenuhi. Saat ini, sudah ada sekitar 93 persen ijazah yang terdistribusi.

 

Sedangkan Pekan Pengambilan Ijazah bertujuan untuk memastikan siswa mengambil ijazah tepat waktu. Banyak siswa yang sudah lulus, tetapi tidak segera mengambil ijazah dengan berbagai alasan. Salah satunya sudah bekerja di luar negeri.

 

"Melalui program ini, dari tanggal 3 sampai satu bulan ke depan, ijazah lulusan tahun 2021 akan diterima oleh peserta didik secara keseluruhan," ucap Dedi.

 

Dedi juga menuturkan, Jabar Eksis 2021 merupakan gerakan untuk mendorong peserta didik di Jabar percaya diri menampilkan karya-karya mereka.

 

"Sehingga, karya itu diharapkan mampu bermanfaat, baik bagi dirinya, sekolah bahkan masyarakat untuk membangun desa," katanya.

 

Tiga karya peserta didik ditampilkan dalam Peringatan Hardiknas 2021 Tingkat Provinsi, yakni Fashion Show dan Make up Artist dengan tema "Art of Shiburi" karya siswa SMKN 9 Bandung, Topi Ramah Lingkungan (LOOKAT) karya siswa SMAN 11 Bandung, serta Aplikasi Team Talk dan BBI Radio Streaming untuk Pembelajaran Jarak Jauh dari SLBN A Pajajaran.(Ter)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update