Notification

×

Iklan

Iklan

Wamen DPDTT Resmikan Desa Wisata Siantar Sitiotio,Toba

Selasa, 06 April 2021 | 22:11 WIB Last Updated 2021-04-06T15:11:24Z

Wamen DPDTT, Budi Arie resmikan Dewi Asina

Balige.Internationalmedia.id.-Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi (DPDTT) RI Budi Arie resmikan Desa Wisata "Dewi Asina" di Desa Siantar Sitiotio, Kecamatan Siantar Narumonda,Kabupaten Toba, Senin (5/4/2021).

 

Ketua Yayasan Aek Sitiotio Desa Siantar Sitiotio sekaligus putra daerah dari Desa Siantar Sitiotio, Brigjen TNI Karev Marpaung menyatakan, Desa Wisata Dewi Asina telah ditetapkan Pemkab Toba menjadi salah satu desa wisata di Toba.

 

Kini, melalui kunjungan kerja Wamen saat ini, akan mendapat sentuhan dorongan bantuan untuk percepatan mewujudkan desa wisata, bersama 4 desa lainnya di Toba.

 

Desa wisata Dewi Asina Siantar Sitiotio, yang diinisiasi Yayasan Aek Sitiotio bekerjasama dengan pemerintah desa, memiliki potensi spot objek wisata diantaranya homestay, tepi sungai asahan dan objek bukit parbiusan, yang akan dipermak untuk membuka peluang dalam mendongkrak wisatawan nantinya juga akan mendongkrak perekonomian masyarakat.

 

Bupati Toba Poltak membeberkan bahwa Desa Siantar Sitiotio telah ditetapkan menjadi salah satu Desa Wisata di Toba, sesuai SK Bupati Nomor 665 Tahun 2020.

 

Sejak pandemi Covid-19 merebak pada tahun 2020 lalu, kunjungan wisatawan menurun, kini menjadi sebanyak 217.000 orang dari 800.000 pengunjung pada tahun 2019 sebelumnya.

 

"Dengan kunjungan Pak Wamen saat ini, diharapkan akan dapat kemabali mendongkrak kunjungan wisatawan setelah diberikannya dorongan kepada spot-spot desa wisata terutama dorongan pembangunan infrastruktur,"ujar Poltak Sitorus.

 

Wamen Budi Arie Setiadi menambahkan bahwa desa yang maju, terlihat dari transparansi pemerintah desa dalam mempublikasikan setiap program desa, sehingga seluruh elemen masyarakat dapat melakukan pengawasan untuk mewujudkan target Presiden RI Joko Widodo yakni mewujudkan desa wisata dan desa digital.

 

Demikian juga untuk mewujudkan Destinasi Super Prioritas, diharapkan peran serta dari seluruh warga desa untuk memberikan perannya masing dalam mewujudkan percepatan desa wisata, sebaliknya desa wisata tidak bisa dibangun hanya fisik, namun berbasis kearifan lokal dengan keberagaman adat dan budaya.

 

Demikian juga sebagai salah satu Kunci syarat majunya sebuah desa, musti memiliki potensi anak muda, SDM yang inovatif dan dukungan partisipasi masyarakat, tandas Budi Arie Setiadi.(Ung)

×
Berita Terbaru Update