Notification

×

Iklan

Iklan

Ketua Dekranasda Humbang Hasundutan Diskusikan Digital Transformation

Rabu, 14 April 2021 | 17:41 WIB Last Updated 2021-04-14T10:41:12Z

Ketua Dekranasda Humbasa, Ny Lidya Kristina Dosmar Banjarnahor

Humbasa.Internationalmedia.id.-Ketua Dekranasda Humbang Hasundutan, Ny. Lidya Kristina Dosmar Banjarnahor dan Wakil Ketua Dekranasda Humbang Hasundutan, Ny. Erma Oloan P. Nababan melakukan diskusi virtual melalui zoom meeting dengan pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia di Kantor Dekranasda, Selasa (13/04).

 

Diskusi ini membahas mengenai akan diadakannya kelas gratis bagi pelaku UMKM di Humbang Hasundutan dengan materi utama tentang digital transformation marketing demi memajukan keberadaan UMKM di Humbang Hasundutan agar semakin melek teknologi, khususnya dalam memasarkan produknya melalui berbagai platform penjualan.

 

Ketua Dekranasda Humbahas Ny. Lidya Kristina Dosmar Banjarnahor mengatakan besar harapannya kelas yang akan diadakan bisa memuat seluruh UMKM yang ada di Kabupaten Humbang Hasundutan sehingga para UMKM ini akan memiliki wilayah pemasaran yang lebih luas sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Wakil Ketua Dekranasda Ny. Erma Oloan P Nababan, menyampaikan bahwa aplikasi Dasa Wisma telah dibangun di Humbahas. Dasa Wisma adalah sarana untuk menginventarisasi potensi desa, khususnya dalam pengembangan UMKM.

 

Untuk itu, Dekranasda membutuhkan pelatihan dalam meningkatkan potensi UMKM dalam era digitalisasi belakangan ini, sehingga bermanfaat dalam meningkatkan sektor perekonomian mikro dan sektor pariwisata demi kesejahteraan masyarakat Humbang Hasundutan.

 

Acara ini juga akan melibatkan OPD terkait, seperti Dinas Kominfo, Dinas Kopedagin, dan Dinas Pariwisata agar bisa saling bekerjasama mensukseskan acara pelatihan ini.

 

Dinas Kominfo diminta untuk mengakomodir masalah jaringan di sepuluh kecamatan agar bisa berjalan dengan baik. Kepala Dinas Kominfo Humbahas, Drs. Hotman Hutasoit mengatakan untuk ikut melibatkan Kementerian Kominfo agar pengajuan kerjasama penyediaan bantuan jaringan, khususnya di daerah blankspot bisa diakomodir oleh pihak Kementerian Kominfo.

 

Hal ini dikarenakan masih banyaknya daerah yang belum terjangkau internet di Kabupaten Humbang Hasundutan sehingga memerlukan bantuan VSAT.

 

Dekranasda diminta untuk mengakomodir seluruh peserta yang akan mengikuti pelatihan ini dan diharapkan dapat melakukan seleksi mandiri sehingga peserta yang mengikuti pelatihan ini benar-benar pelaku UMKM yang benar-benar mau belajar dan mau dibimbing untuk lebih maju.

 

Dinas Pariwisata diminta untuk lebih memperhatikan UMKM khususnya yang mendukung sektor pariwisata agar dapat ikut serta dalam pelatihan ini.

 

Diskusi ditutup dengan adanya kesepakatan oleh semua pihak terkait untuk ikut serta dan bersinergi dalam mensukseskan pelatihan yang akan dilaksanakan kedepan di Humbahas.

 

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Kopedagin, Radna Fride Marbun, Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata, Barton Naibaho, dan Pejabat Struktural di Dinas Kopedagin.(Ung)

×
Berita Terbaru Update