Notification

×

Iklan

Iklan

Kemlu Kirimkan Tim untuk Memulangkan PMI Sakit Berat di Korea Selatan

Minggu, 14 Maret 2021 | 16:27 WIB Last Updated 2021-03-14T09:27:36Z


Jakarta.Internationalmedia.id.-Kemlu bekerja sama dengan KBRI Seoul telah berhasil memfasilitasi pemulangan pekerja migran Indonesia (PMI) EAS yang mengalami sakit berat akibat kecelakaan lalu lintas di Korea Selatan.

 

EAS telah dirawat di Rumah Sakit Haetterak Nursing Hospital, Busan Korea Selatan sejak tahun 2018 dan berada dalam kondisi vegetative state sehingga harus selalu menggunakan stretcher.

 

Proses pemulangan diawali dari pengiriman Tim Kemlu termasuk seorang staf medis ke Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan,12 Maret 2021 untuk menjemput dan mendampingi EAS. Perger​akan Tim hanya dibatasi di Bandara Internasional Incheon Korea Selatan dan kembali ke Indonesia di hari yang sama dengan menggunakan penerbangan KE 627.

 

Selama penerbangan ke Indonesia, Tim Kemlu tepat berada di samping EAS guna mengecek kondisi beliau secara berkala dan bersiap siaga sekiranya ia membutuhkan bantuan medis.

 

Ketibaan EAS di Indonesia juga difasilitasi secara khusus oleh Otoritas terkait di Bandara Internasional Soekarno-Hatta EAS langsung dirujuk ke RS Bhayangkara Tk. I R. Said Sukanto, Jakarta. Pihak keluarga akan mendampingi EAS hingga mendapatkan izin dari pihak RS untuk pulang ke daerah asal.

 

Dengan berkumpulnya kembali EAS dengan pihak keluarga di Indonesia, diharapkan dapat membantu proses pemulihannya.

 

Kemlu bekerja sama dengan KBRI Seoul juga telah membantu pemenuhan hak-hak  EAS, terutama kompensasi atas kecelakaan lalu lintas yang dialami dan hak asuransi.(marpa)​

×
Berita Terbaru Update