Notification

×

Iklan

Iklan

Komisi IV Dorong Alokasi Anggaran Untuk Jalur Irigasi Depok

Senin, 15 Februari 2021 | 16:34 WIB Last Updated 2021-02-15T09:34:50Z


Kab.Bandung.Internationalmedia.id.-Ketua Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat,Tetep Abdulatip mendorong peningkatan anggaran untuk perbaikan jalur irigasi yang perlu diperhatikan, guna mengantisipasi terjadinya bencana banjir.

 

Hal tersebut disampaikannya saat Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat bersama Dinas SDA Jabar meninjau secara langsung ke Daerah Irigasi Depok, di Kabupaten Bandung, Senin, (15/2/2021).

 

Dikatakan, Komisi IV mendorong Dinas SDA Provinsi Jawa Barat untuk mengalokasikan anggaran yang sesuai dengan prioritas, dan pihaknya merekomendasikan Irigasi Depok tersebut untuk segera dilakukan perbaikan jalur irigasi.

 

“Banyak kebocoran dijalur irigasi yang memang sudah lama dan itu katanya dibangun sejak zaman Belanda, jadi kita baru ada perbaikan sedikit 50-100 meteran.

 

Kedepan harus ada perbaikan baik perbaikan dari luar maupun perbaikan dari dalam bagusnya sih memang dari jalur yang memang menjadi kewenangan kita yaitu jalur dalamnya, karena kalau jalur luarnya itukan kewenangan BBWS,” ujarnya.

 

Perbaikan tersebut, lanjut Tetep, sebagai upaya untuk mengatasi terjadinya aliran air yang cukup besar dan debitnya cukup tinggi, pasalnya dalam kondisi jalur irigasi yang bocor kemungkinan besar beberapa tahun kedepan akan menyebabkan penggerusan terhadap tanah yang menjadi pondasi irigasi.

 

“Kalo ini tidak diperbaiki bisa jadi kalo sudah terjadi longsor maka biayanya akan menjadi lebih besar, jadi saya memandang sebelum terjadi  kerusakan yang jauh lebih parah kita memperbaiki dari jalur dalam dulu sehingga bisa mengantisipasi jalur bawahnya itu yang menjadi kewenangan pusat itu tidak akan terjadi kerusakan yang cukup parah,” pungkasnya.(Rel)

×
Berita Terbaru Update