Notification

×

Iklan

Iklan

Kreativitas Seni di Masa Pandemi: ”Workshop Jaipongan di KBRI Wina"

Senin, 21 Desember 2020 | 11:49 WIB Last Updated 2020-12-21T04:49:50Z

Tari Jaipongan di Wina

Jakarta.Internationalmedia.id.-
Diplomasi budaya yang dilakukan oleh KBRI/PTRI Wina beradaptasi dengan adanya pandemi COVID-19 dan dilaksanakan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.

 

Bekerja sama dengan Yayasan Hapsari Citra Indonesia, Perwakilan Indonesia di Wina selenggarakan Workshop Virtual "Tari Jaipongan" (19/12/2020). Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan tari jaipongan dan pengajaran tarian Sunda tersebut kepada masyarakat Indonesia di luar negeri maupun warga negara asing yang turut hadir dan mengikuti kegiatan ini.

 

“Pandemi Covid-19 yang melanda satu tahun belakangan, tidak menjadi hambatan bagi Perwakilan RI di luar negeri untuk terus mempromosikan budaya Indonesia dan citra Indonesia dalam kerangka diplomasi kebudayaan. Budaya Indonesia yang salah satunya berakar dari budaya Sunda, seperti yg terlihat dalam gerakan tari Jaipongan, mencerminkan kegigihan masyarakat dalam membangun Indonesia," ungkap Duta Besar RI untuk Austria, Slovenia dan Badan PBB di Wina, Darmansjah Djumala membuka kegiatan.

 

Endang Caturwati selaku pimpinan Yayasan Hapsari Citra Indonesia menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah para seniman dalam melakukan konvergensi sesuai situasi dan kondisi di tengah pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan teknologi untuk memanivestasi kreativitas.

 

Dalam workshop virtual tersebut, para peserta mengikuti gerakan Tari Jaipongan, Mojang Midang, karya Endang Caturwati yang dilakukan oleh 3 orang penari yang dilihat melalui aplikasi zoom. Endang juga menyampaikan sejarah Tari Jaipongan yang diciptakan oleh Gugum Gumbira serta perbedaan antara Tari Jaipong, Tari Jaipongan dan Tari Japong.(lysmar)

 

(Sumber: KBRI/PTRI Wina)

×
Berita Terbaru Update