Notification

×

Iklan

Iklan

KBRI Stockholm Mendorong Peningkatan Ekspor Sepeda Indonesia ke Swedia

Rabu, 11 November 2020 | 20:06 WIB Last Updated 2020-11-11T13:06:17Z


Jakarta.Internationalmedia.id.
-Untuk mendorong pengusaha Indonesia untuk menembus pasar internasional, sebagai bagian dari kegiatan Trade Expo Indonesia 2020, Kementerian Perdagangan, KBRI Stockholm dan Open Trade Gate selenggarakan virtual Business Forum on “Sporting Goods Opportunity in Sweden” (10/11/2020).

 

Forum bisnis ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai peluang pasar peralatan olah raga, terutama sepeda, di Swedia yang diikuti kurang lebih 146 pengunjung virtual pengusaha dari kedua negara.

 

“Budaya olah raga Swedia perlu dimanfaatkan oleh produsen dan eksportir Indonesia untuk menjadi salah satu pasar tujuan. Ekspor kita saat ini masih kecil dibandingkan potensi yang dimiliki. Kita harus bisa tingkatkan,” ujar Duta Besar RI Stockholm, Kamapradipta Isnomo.

 

Acara turut dibuka oleh Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional dari Kemdag RI, Kasan yang memberikan penekanan pentingnya untuk mengisi pasar komoditas peralatan olah raga di tengah pandemi COVID-19.

 

 “Situasi pandemi telah mendorong masyarakat global untuk lebih aktif berolah raga untuk menjaga kesehatan. Di Swedia terdapat empat musim di mana ini menjadi kesempatan baik bagi produsen Indonesia untuk mengisi pasar Swedia,” ujar Dirjen Kasan.

 

Dalam paparannya, pembicara dari KBRI Stockholm dan Open Trade Gate Swedia yang diwakili Anamaria Deliu, memberikan gambaran strategis mengenai peluang dan tantangan ekspor Indonesia ke Swedia serta penjelasan teknis yang komprehensif mengenai regulasi yang berlaku. 


Salah satu tantangan yang perlu dihadapi adalah kapasitas produksi dalam negeri untuk memenuhi demand, serta standarisasi untuk memenuhi pasar Swedia dan Uni Eropa. Peluang terbesar bagi produsen Indonesia adalah pasar e-bikes yang menjadi salah satu jenis sepeda yang semakin diminati masyarakat Swedia. Pasar e-bikes juga masih terbuka lebar dan belum terlalu banyak pesaing.

 

Dubes Kamapradipta tekankan bahwa sebagai negara dengan tingkat inovasi yang tinggi, terdapat peluang kerja sama Swedia dan Indonesia di bidang R&D. “Inovasi dan teknologi yang dimiliki Swedia digabung dengan kapasitas teknis Indonesia berpotensi untuk produksi peralatan olah raga dan sepeda dengan label designed in Sweden and made in Indonesia.”(lysmar)

 

(Sumber: KBRI Stockholm)​

×
Berita Terbaru Update