-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Setelah Absen 23 Tahun, Mahasiswi Indonesia Lulus Summa Cum Laude Program Doktor Universitas Al Azhar Cairo, Mesir ​

Sabtu, 03 Oktober 2020 | 10/03/2020 WIB Last Updated 2020-10-03T13:01:09Z

Lulus Summa Cum Laude

Jakarta.Internationalmedia.id.-
Wirdah Fachiroh Fachri, Lc. MA., seorang mahasiswi Indonesia program Doktor di Universitas Al Azhar Putri Cairo, Mesir, berhasil lulus dengan meraih nilai terbaik atau Summa Cum Laude, dengan mempertahankan Disertasinya dengan Judul " Attawjihat Annahwiyyah Fi Kitab Al-Mudhoh Libni Abi Maryam jam'an wadiraasah.

 

(Penyusunan dan Pengkajian Pedoman Gramatikal Bahasa Arab dalam Ilmu Qiraat pada Kitab Al-Mudhah Karya Ibnu Abi Maryam ( ulama abad ke-5). Sidang berlangsung pada tanggal 3 Oktober 2020 di Auditorium Fakultas Dirasat Islamiyah Universitas Al-Azhar Putri, dan hasilnya langsung diumumkan Dewan Penguji seusai Sidang.

 

Dewan penguji pada Sidang Disertasi tersebut yaitu Prof. Dr. Suheir Muhammad Khalifah (promotor I), Guru Besar Fakultas Sastra Arab Universitas Al-Azhar Putri, Kairo; Prof. Dr. Awathif Kamal (Promotor II), Guru Besar Fakultas Sastra Arab Universitas Al-Azhar Putri, Kairo; Prof. Dr. Awadh Ismail (Penguji Eksternal).

 

Dekan Fakultas Islamic Studies Universitas Al-Azhar Putra, Kairo; Prof. Dr. Yusriyah Muhammad Ibrahim (Penguji Internal), Guru Besar Sastra Arab Universitas Al-Azhar Putri, Kairo.

 

Sidang dihadiri juga oleh KUAI KBRI Cairo, M. Aji Surya; Fungsi Pensosbud KBRI Cairo, dan Atase Pendidikan KBRI Cairo serta para dosen senior universitas Al Azhar dan mahasiswa/i Indonesia yang di undang.

 

"Momentum ini sangat istimewa bagi Indonesia karena setelah 23 tahun ada mahasiswi Indonesia yang berhasil lulus program doktor di Universitas Al Azhar setelah selama ini kebanyakan oleh mahasiswa (putra) " jelas KUAI RI, M. Aji Surya.


"Selain itu, bidang yang diambil terkenal paling sulit di Universitas Al-Azhar yaitu Bahasa Arab," tambah Aji Surya. "KBRI Cairo turut bergembira dan menyampaikan selamat atas berhasilnya Wirdah Fachiroh menempuh program Doktor tersebut dan lulus dengan nilai istimewa" pungkas Aji Surya.

 

Wirdah Fachiroh telah menempuh pendidikan S1, S2 dan S3 di Universitas Al-Azhar Cairo. Selain menjalani perkuliahan, yang bersangkutan juga aktif dalam berbagai organisasi dan turut membantu mengajar pelajar/mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Al Azhar.

 

Sebagai informasi, sidang doktoral yang berhasil dilalui Wirdah Fachiroh mendapat perhatian besar dari Universitas Al Azhar dengan kehadiran beberapa dosen senior Al Azhar pada sidang dimaksud termasuk perhatian besar dari kalangan mahasiswa Indonesia di Mesir.

 

Nilai yudisium summa cum laude yang diperoleh Wirdah Fachiroh menambah harum nama Indonesia di Universitas Al Azhar Cairo, Mesir. Saat ini tercatat hampir 8000 mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di universitas Al-Azhar Cairo, Mesir.​(marpa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update