Notification

×

Iklan

Iklan

Penjagaan pintu-pintu gerbang ke Samosir, Diperketat

Selasa, 13 Oktober 2020 | 14:59 WIB Last Updated 2020-10-13T07:59:21Z

Pjs Bupati Samosir, Lasro Marbun

Samosir.Internationalmedia.id.-
Pjs. Bupati Samosir Lasro Marbun menyatakan, untuk mengatasi Covid-19 dan upaya menjaga keselamatan masyarakat pada bidang kesehatan, pendidikan, sosial, keagamaan, dan pariwisata, maka penjagaan pintu-pintu gerbang ke Samosir, diperketat.


Di samping itu, lanjut Lasro Marbun, peran Gugus Tugas Penanganan Percepatan (GTPP) Covid-19 akan dilebihaktifkan untuk memastikan pencegahan, pengendalian, dan penanganan Covid-19 melalui tracing, tracking, dan treatment terhadap orang-orang yang terkonfirmasi positif.


Hal ini disampaikan  Lasro kepada para wartawan dalam acara konfrensi pers di aula Kantor Bupati Samosir, Senin, 12 Oktober 2020.Lasro Marbun, didampingi Asisten I Mangihut Sinaga, Kadis Kesehatan Nimpan Karokaro, Kadis Pendidikan Rikardo Hutajulu, dan Kakan Kesbangpol Agustianto Sitinjak.

 

Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui upaya-upaya yang telah dilakukan dalam mensiasati perkembangan terkini kasus infeksi Covid-19 oleh GTPP Covid-19 Samosir.

 

Lasro, putra asli Samosir ini lebih jauh menjelaskan, bahwa GTPP Covid-19 telah melakukan tindak lanjut dalam mensiasati meningkatnya angka terkonfirmasi positif Covid-19 di Samosir.

 

Tindak lanjut tersebut, lanjut Lasro Marbun, yaitu melebihaktifkan GTPP Covid-19 menunggu penyesuaian menjadi Satgas Covid-19 Samosir, mengecek logistik kesehatan dan non kesehatan, dan memastikan arus informasi data melalui Dinas Kominfo Samosir.

 

Lasro Marbun, yang pernah menempati sejumlah posisi di DKI Jakarta ini, lebih jauh memaparkan angka persebaran terkonfirmasi positif Covid-19 di Samosir mencakup Kecamatan Pangururan, Simanindo, dan Sianjurmulamula. Untuk itu, dia mengharapkan agar dilakukan pengendalian persebaran ini melalui tracing oleh Dinas Kesehatan Samosir.


Secara logistik, lanjut Lasro Marbun  yang baru bertugas beberapa minggu di Samosir, tingkat ketersediaan untuk penanganan Covid-19 dipastikan cukup sampai bulan Desember 2020.

 

Pjs. Bupati Samosir Lasro Marbun juga memaparkan perkembangan tahapan Pilkada yang sedang dilaksanakan, sebab-sebab kelangkaan pupuk di Samosir, dan kesiapan Puskesmas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Samosir yang mengutamakan kenyamanan kerja dan pelayanan dengan hati tulus, tambahnya.

 

Sebelum menjadi Inspektur Pemprov Sumut, Lasro pernah menempati sejumlah posisi di DKI Jakarta. Lasro dilantik Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Dinas Pendidikan, Rabu (12/2/2014). Dia semula menjabat Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana (Kabiro Ortala).

 

Nimpan Karokaro, Kadis Kesehatan Samosir, menyampaikan berdasarkan hasil tracing yang dilakukan, orang-orang terkonfirmasi positif masih bersifat klaster keluarga belum terjadi transmisi dalam eskalasi yang lebih luas.

 

“Kita harus siap untuk kemungkinan peningkatan kasus pada hari-hari yang akan datang,” jelas Nimpan Karokaro. Selain itu, dia mengajak seluruh masyarakat Samosir agar jangan panik karena kepanikan dapat menurunkan imunitas tubuh dalam menghadapi infeksi Covid-19.

 

Secara teknis, Dinas Kesehatan Samosir akan menerapkan Standar Operasional Prosedur dalam menangani orang-orang yang terkonfirmasi positif mulai dari isolasi mandiri, di rumah sakit, dan di Balai Latihan Kerja Samosir.

 

Rikardo Hutajulu, Kadis Pendidikan Samosir, menjelaskan telah dilakukan penutupan sekolah untuk pembelajaran tatap muka pada tingkat SD/SMP karena adanya peningkatan status menjadi Zona Merah di Samosir. “Kita telah memutuskan untuk melaksanakan pembelajaran daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan) melalui visitasi para guru ke tempat tinggal siswa,” terangnya.

 

Sebelum memutuskan daring ini, lanjut Rikardo, telah diadakan kordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Pjs. Bupati Samosir, Lasro Marbun. Batas pembelajaran daring belum dapat dipastikan karena akan menyesuaikan dengan keadaan perkembangan terkini angka kasus Covid-19.(Ung)

 

×
Berita Terbaru Update