-->

Notification

×

Iklan

Iklan

73 Tahun Kabupaten Dairi

Jumat, 02 Oktober 2020 | 10/02/2020 WIB Last Updated 2020-10-02T10:36:21Z

Bupati Dairi,Dr Eddy Keleng Ate Brutu berpakaian adat

Sidikalang.Internationalmedia.id.-
Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu memperingati Hari Jadi Kabupaten Dairi ke 73, di tahun 2020 ini dalam suatu Sidang Paripurna Istimewa di Gedung Dewan DPRD, Kamis(1/10/2020).

 

Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan beberapa program yang telah dikerjakan dan yang sedang dikerjakan oleh Pemkab Dairi untuk pembenahan dan penyelenggaraan Kabupaten Dairi yang lebih baik.


Ada 11 program yang telah dan sedang dikerjakan oleh Pemkab Dairi di antaranya adalah pertama penyederhanaan organisasi.Kedua, peluncuran Kartu Tani.

 

Dalam mengatur dan mengelola distribusi pupuk bersubsidi Pemerintah Kabupaten Dairi menetapkan Peraturan Bupati Dairi Nomor 20 Tahun 2019 tentang Kartu Tani dan sampai dengan bulan Februari Tahun 2020, Kartu Tani yang sudah tersalur sampai dengan 28 September 2020 sebanyak 25.565 kartu.

 

Ketiga, Public Safety Center (PSC) 119 Di Sektor Kesehatan, Pemerintah Kabupaten Dairi membentuk Pusat Pelayanan Keselamatan Terpadu (Public Safety Center) PSC 119 yang ditetapkan melalui Keputusan Bupati Dairi Nomor 553/370/VI/2019. PSC 119 bertujuan memberikan pertolongan pertama kasus kegawat daruratan medis, kecelakaan lalulintas dan bencana,katanya.

 

Ditambahkannya, program ke empat yaitu Bus Sekolah Gratis. Sektor pendidikan Pemerintah Kabupaten Dairi melakukan terobosan memberikan bus sekolah gratis untuk mengangkut siswa berangkat dan pulang sekolah yang diperuntukkan untuk jalur tertentu yang belum tersedia kendaraan umum atau sedikit tersedia kendaraan umum dimana anak-anak sekolah kesulitan dari rumah menuju sekolah.

 

Kelima, Penerapan Smart Farming, Sektor Pertanian, dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan dan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pertanian, serta mempermudah pengaturan logistik pertanian, Pemerintah mulai memberlakukan penggunaan teknologi smart farming 4.0.

 

“Keenam yaitu Penerapan Transaksi Non Tunai. Dalam beberapa sektor, pemerintah Kabupaten Dairi telah mendorong dan menerapkan pelaksanaan transaksi non tunai menuju Dairi 4.0. Ketujuh yaitu, penerapan Quick Respon Code Indonesian Standart (QRIS) di Pasar dan Rumah Ibadah.

 

Ketujuh yaitu Fasilitas Hemodialisa dan Cuci Darah di RSUD Sidikalang. Saat ini di RSUD Sidikalang telah tersedia Ruangan Hemodialisa atau Ruangan Cuci Darah yang kita harapkan akan sangat membantu masyarakat Kabupaten Dairi dan Kabupaten sekitar kita yang belum tersedia Hemodialisa,” jelasnya.

 

Bupati bersama Forkompinda Dairi

Program berikutnya, yaitu Aplikasi Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil (PERKEBBAS). Perkebbas merupakan singkatan dari Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Online yang mana dirancang dan diciptakan untuk mewujudkan digitalisasi pelayanan administrasi kependudukan yang mudah, cepat dan transparan dengan memanfaatkan teknologi informasi yang dapat diakses dan diperoleh tanpa datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan ke Kantor Kecamatan, imbuhnya.

 

Kemudian, Sektor Kepariwisataan. Keberadaan dermaga terapung di Kecamatan Silahisabungan yang dibangun pada Tahun 2019 menarik banyak minat wisatawan dan yang ke Sebelas adalah Sektor Pertanian.

 

Untuk mewujudkan akselerasi kejayaan kopi Sidikalang, maka Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Dairi telah melakukan pembinaan petani kopi melalui Koperasi Cimata sebagai offtaker. Sampai dengan saat ini telah dilakukan penanaman kopi arabika sebanyak 377.829 batang dan 189 Ha oleh mitra binaan.

 

Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu juga mengatakan bahwa tanpa dukungan dan partisipasi dari seluruh pihak, program yang telah direncanakan tidak akan dapat terlaksana dengan baik dan tepat sasaran.

 

Sidang Istimewa DPRD Hari Jadi Dairi ke-73 Tahun 2020, Bupati Dairi Sampaikan Beberapa Program Yang Telah dan Sedang Dikerjakan Pemkab Dairi.


Selanjutnya, Ketua DPRD Kabupaten Dairi, Sabam Sibarani SSos mengatakan kabupaten Dairi telah di kenal seantero nusantara sehingga menjadi perhatian pemerintah baik Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota lainnya maupun pihak-pihak lain karena berbagai prestasi yang telah berhasil diraih dalam kurun waktu usia 73 Tahun ini.

 

Hal ini juga menjadi momen penting untuk menunjukkan bahwa Pemerintah memiliki komitmen yang tinggi untuk mensejahterakan rakyat dan memajukan Kabupaten Dairi yang kita cintai ini.

 

Sidang Paripurna istimewa DPRD Dairi dihadiri Wakil Ketua DPRD Dairi, Halvensius Tondang dan Wanseptember SH, Anggota DPRD Dairi, Wakil Bupati Dairi Jimmy AL Sihombing SH, Dandim 0206/Dairi, Letkol Arm Adietya Y Nurtono, Kapolres Dairi, AKBP Ferio Sano Ginting SIK.

 

Kepala Kejaksaan Negeri Dairi, Syahrul Juaksha Subuki SH, mewakili PN Sidikalang, Sekretaris Daerah beserta para pimpinan OPD dan pejabat struktural di jajaran Pemerintah Kabupaten Dairi, Ibu Ketua Tim Penggerak PKK, Ny. Romi Mariani Eddy Berutu, Ibu Ketua Darma Wanita Persatuan, Ny. Elpinka Edy Banurea, tokoh masyarakat, tokoh agama serta para Insan Pers dan LSM.(Ung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update