Notification

×

Iklan

Iklan

Bawang Putih Lintong Nihuta Dan Bawang Putih Tiongkok

Jumat, 05 Juni 2020 | 09:00 WIB Last Updated 2020-06-06T13:22:08Z
Oleh: Lyster Marpaung


LINTONG NIHUTA adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten  Humbang Hasundutan (Humbahas), Provinsi Sumatra Utara, Indonesia.

Lintong Nihuta mulai dikenal, setelah diakui Kementerian Pertanian sebagai penghasil bawang putih berkualitas baik pada bulan April 2019 lalu.

Kualitas bawang putih Lintong Nihuta tidak kalah dengan barang impor dari Tiongkok.

Seperti dikemukakan, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang datang ke Lintong Nihuta, Kamis(4/6/2020) menyebutkan, dibandingkan dengan bawang putih impor besarnya sama, kualitasnya tidak jauh berbeda. Ini harus kita kembangkan terus, karena Sumut itu masih sangat kekurangan bawang putih.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kebutuhan bawang putih Sumut mencapai 26.299,96 ton per tahun, sedangkan produksi hanya 975 ton per tahun.

Promosi

Sumatra Utara baru mampu memenuhi kebutuhan bawang putih 3,7 persen saja. Kita harus bisa memenuhi kebutuhan bawang putih kita sendiri.

Lihat bawang putih harganya sempat Rp 70 ribu/kg. Kalau kita bisa penuhi kebutuhan sendiri akan sangat menguntungkan.

Karena itu, Pemprovsu dan Pemkab Humbahas perlu mendorong petani-petani agar mau menanam bawang putih.

Pemprovsu akan menyiapkan bantuan lahan untuk dijadikan lahan tani bawang putih dan ternak kerbau.

Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE pernah menyebutkan bahwa saat ini produksi bawang putih mencapai 12 sampai 14 ton/hektar di Humbang Hasundutan.

Hal tersebut diharapkan bisa mengembalikan kejayaan bawang putih di kabupaten ini. “Saya bangga dengan petani Lintongnihuta yang semangat menanam bawang putihnya.

Pihaknya berharap kemitraan ini bisa menjadi contoh dan bisa di perluas lagi di masa-masa yang akan datang.

Sebelumnya Bupati ragu, tapi melihat hasil pertanaman bawang putih saat ini, rasa khwatir kita itu terjawab serta hasilnya memuaskan.

Memang tidak mudah meyakinkan petani untuk mau menanam lagi bawang putih. Namun, sejak ada program kemitraan dengan importir, sekarang pertanian bawang putih mulai menggeliat lagi.

Sementara ini sudah ada beberapa hektar yang ditanam bawang putih dan akan kita lakukan terus menerus, sehingga menambah semangat petani dalam menanam bawang putih.

Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan akan terus berupaya untuk menciptakan kejayaan bawang putih, salah satu caranya dengan budidaya bawang putih kemitraan di beberapa kecamatan yang ada.

Yang sangat menggembirakan, Kementan punya program unik dan keren. Importir yang biasanya berdagang dan impor, sekarang malah bahu membahu dengan petani melalui kemitraan.

Upaya dan pembinaan pemerintah selama ini yaitu pemerintah mendorong petani untuk mengembangkan tanaman bawang putih.

Hal ini harus disyukuri bisa bermitra dengan importir, sebab bisa kembali menanam bawang putih dengan produksi dan pasar yang terjamin.

Program ini bagus, dan diharapkan, pemerintah lebih ketat lagi dalam pengawasan benih bermutu supaya petani tidak dirugikan.

Potensial

Salah satu lokasi yang potensial untuk dikembangkan adalah Humbang Hasundutan yang potensinya bisa mencapai 500 sampai 1.000 hektar.

Humbang Hasundutan merupakan Kabupaten yang mempunyai luas sekitar 2.297 kilometer persegi, yang terletak di barisan pegunungan Bukit Barisan, dengan iklim sejuk mendekati dingin dengan ketinggian tempat dari 330 - 2.075 meter dpl serta tanahnya kaya dengan kandungan organik cukup tinggi.

Sebagai wujud nyata pemerintah pusat dalam mendorong Humbahas menjadi sentra bawang putih nasional pada tahun 2019 telah dialokasikan anggaran seluas 250 hektar untuk pengembangan bawang putih.

Bila diasumsikan setiap 1 hektar mampu menghasilkan rata rata 9 ton basah dan dikonversi menjadi benih rata rata 3 ton per hektar maka benih yang dihasilkan  di Humbas bisa mencapai 750 ton.

Artinya benih tersebut bisa digunakan untuk pengembangan bawang putih seluas 1.500 hektar.

Humbahas berharap agar wilayah ini harus ada penangkar benih sehingga daerah ini akan mampu mandiri benih dan bahkan bisa menjadi pensuplay benih di wilayah Sumatera.

Ini momentum yang luar biasa untuk menjadikan Humbas menjadi salah satu penyangga benih bawang putih nasional.Semoga.



×
Berita Terbaru Update