Notification

×

Iklan

Iklan

Masker Berbahaya untuk Anak di Bawah Usia 2 Tahun

Selasa, 26 Mei 2020 | 13:20 WIB Last Updated 2020-05-26T06:20:43Z


                                                              Foto Ilustrasi

Jakarta.Internationalmedia.Id.- Anak-anak di bawah usia dua tahun tidak boleh memakai masker karena dapat membuat mereka sulit bernafas dan meningkatkan risiko tersedak, kata sebuah kelompok medis Jepang.

Dilansir dari Channel News Asia, Selasa (26/5) kelompok medis Jepang meluncurkan permintaan mendesak kepada orang tua ketika negara mereka membuka kembali dari krisis pandemi Covid-19.

Perdana Menteri Shinzo Abe mengangkat keadaan darurat untuk Tokyo dan empat daerah yang tersisa pada Senin (25/5) setelah jumlah infeksi turun di Jepang, tetapi memperingatkan hal itu dapat diberlakukan kembali jika virus mulai menyebar.

Untuk mencegah penyebaran virus, para ahli kesehatan di seluruh dunia merekomendasikan orang-orang memakai masker ketika sulit untuk menjaga jarak sosial, karena negara-negara melonggarkan batasan-batasan setelah penutupan vCovid-19.

Namun Asosiasi Pediatrik Jepang telah memperingatkan orang tua bahwa masker terlalu berisiko untuk bayi.

"Masker dapat membuat sulit bernafas karena bayi memiliki saluran udara yang sempit, yang meningkatkan beban di hati mereka," kata asosiasi itu.

"Masker juga meningkatkan risiko serangan panas bagi mereka. Mari kita hentikan penggunaan masker untuk anak di bawah 2 tahun," kata asosiasi itu dalam sebuah pemberitahuan di situs webnya.

Sejauh ini sangat sedikit kasus Covid-19 serius di antara anak-anak, dan sebagian besar anak menjadi terinfeksi dari anggota keluarga, dengan hampir tidak ada wabah di sekolah atau fasilitas penitipan anak.

Pusat Pengendalian Penyakit AS (CDC) dan American Academy of Pediatrics juga mengatakan anak-anak di bawah usia dua tahun tidak boleh memakai penutup wajah dari kain.(*)

×
Berita Terbaru Update