-->

Notification

×

Iklan

Iklan

TMMD Dan Pembangunan Masyarakat Di Daerah (Selesai)

Kamis, 16 April 2020 | 4/16/2020 WIB Last Updated 2020-04-16T06:24:24Z


Oleh : Kolonel Inf.  F.X. Sri Wellyanto Kasih
Kapendam Iii/Siliwangi

Bandung.Internationalmedia.id.-Selain melaksanakan pembangunan sarana fisik, program TMMD di wilayah Kodim 0608/Cianjur ini juga melakukan pemberdayaan untuk masyarakat dengan memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai beberapa aspek seperti hukum dan kesehatan.

Pelaksanaan TMMD ke-107 tahun 2020  yang di gelar di Wilayah Kodim 0624/Kabupaten Bandung, hingga saat ini secara bergotong royong telah menyelesaikan pembangunan jalan tembus sepanjang 2800 M dengan lebar 4 meter, yang menghubungkan Desa Bumiwangi dan Mekarlaksana Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung atau Lingkar Ciparay.

Jalan baru tersebut bisa dimanfaatkan sebagai jalur alternatif ketika Jalan Raya Laswi Ciparay mengalami kemacetan terutama di titik depan Alun-alun Ciparay.

Selain untuk menghubungkan tiga desa yaitu, Bumiwangi, Mekarlakasan dan Desa Sagara Cipta di Ciparay, Jalan Lingkar Nagreg ini nantinya akan menjadi jalur alternatif apabila ada kepadatan lalu lintas di depan Alun-alun Ciparay.

Dengan demikian, kemacetan di titik itu bisa terurai, sekaligus dapat membuka akses kampung yang tadinya tersisolir nanti dengan dibukanya Jalur Lingkar Ciparay maka akan menggerakkan laju perekonomian masyarakat.

Sementara itu di wilayah Kodim 0620/Kabupaten Cirebon, TMMD yang dilaksanakan di Desa Wiyong Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon,dengan bergotong royong telah menyelesaikan pengaspalan jalan sepanjang 300 meter, pengerasan jalan desa sepanjang 700 m, pembuatan TPS, Rehab Rutilahu, pembuatan 3 unit Pos Kamling dan 1 unit Pos PAUD.
Kemudian beberapa kegiatan non-fisik juga dilaksanakan oleh satgas TMMD secara gotong royong dengan berbagai komponen yang ada di wilayah Kabupaten Cirebon, khususnya Desa Wiyong yang merupakan perbatasan antara Kabupaten Indramayu dan Majalengka.

Tempat pelaksanaan TMMD ke-107 ke empat, yaitu di wilayah Kodim 0602/Serang, tepatnya di Desa Barugbug Kecamatan Padarincang Kabupaten Serang.

Di Desa ini kegiatan TMMD secara bergotong royong telah menyelesaikan pembangunan jalan sepanjang 3000 m dengan lebar jalan 6 m, selain itu juga melakukan perbaikan Rutilahu, MCK, Masjid, jembatan dan gorong-gorong kemudian mengerjakan pemasangan paving block, serta perbaikan mushola.

Dari seluruh hasil kegiatan yang diselesaikan, hampir 100 persen Program TMMD dapat dicapai sebelum batas akhir penutupan. Hal tersebut dapat dikatakan partisipasi aktif masyarakat di ke empat daerah tersebut sangat baik, antusias dan bersemangat dalam melaksanakan Program TMMD secara bergotong royong.

Dengan melihat hasil yang di capai dari program TMMD ke 107 tahun 2020 di ke empat desa tersebut, diharapkan pihak aparatur wilayah setempat, sudah selayaknya memberikan pembinaan dan monitoring secara rutin terhadap perubahan social yang terjadi pada masyarakat pasca program TMMD.

Selain itu, terus tingkatkan pelayanan masyarakat dan kebutuhan masyarakat baik dibidang pembangunan fisik maupun pembangunan nonfisik, serta dengan terus mengajukan program pembangunan dan pengembangan ke berbagai instansi maupun sponsor untuk dapat menjaring mitra yang dapat membantu memajukan dan mengembangkan Desa setempat.

Masyarakat Desa tersebut diharapkan untuk dapat memelihara dan menjaga produk hasil pembangunan baik itu produk pembangunan fisik seperti jalan, jembatan, rumah ibadah, Pos Kamling maupun pembangunan nonfisikseperti pemberdayaan keluarga, sosialisasi anti narkoba, sosialisasi kesadaran bela negara dan budaya tertib hukum.

Setelah program TMMD ini, masyarakat diharapkan untuk dapat memanfaatkan hasil positif dari program ini seperti akses jalan yang baik untuk dapat dijadikan peluang usaha yang mampu meningkatkan pemasaran hasil pertanian serta meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update