-->

Notification

×

Iklan

Iklan

TMMD Dan Pembangunan Masyarakat Di Daerah (1)

Rabu, 15 April 2020 | 4/15/2020 WIB Last Updated 2020-04-16T06:16:23Z

Oleh: Kolonel Inf FX Sri Wellyanto Kasih
Kapendam III/Siliwangi


Bandung.Internationalmedia.id.- Pembangunan merupakan suatu orientasi dalam kegiatan usaha memajukan  kehidupan masyarakat, selain itu pembangunan merupakan proses pewujudan cita-cita negara untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, makmur,
adil dan sejahtera secara merata diseluruh wilayah Indonesia.

Salah satu bentuk untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan dilaksanakannya program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di daerah.

Didalamnya terdapat penguatan dari proses pembangunan masyarakat dengan melibatkan kelompok masyarakat yang didukung peran Lembaga Pemerintah melalui Model Pendekatan Pembangunan Partisipatif.

Program TMMD saat ini dilaksanakan di 4 Kodim jajaran Kodam III/Siliwangi, yaitu di wilayah Kodim 0608/Cianjur, Kodim 0624/Kabupaten Bandung, Kodim 0620/Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat serta Kodim 0602/Serang Provinsi banten.

Program tersebut merupakan program terpadu yang dilakukan oleh seluruh personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari semua matra kesatuan yang diprakarsai oleh ke empat Kodim jajaran Kodam III/Siliwangi.

Tujuannya, untuk membantu Pemerintah dalam akselerasi pembangunan masyarakat.Pengembangan wilayah teritori dan pemberdayaan masyarakat diwilayah Kodim 0608/Cianjur yang dilaksanakan di Desa Mekarmulya Kecamatan Cikalongkulon Kabupaten Cianjur. Wilayah Kodim 0624/Kabupaten Bandung di Desa Bumiwangi dan Mekarlaksana Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung.

Kemudian.wilayah Kodim 0620/Kabupaten Cirebon, yang dilaksanakan di Desa Wiyong Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa barat dan di wilayah Kodim 0602/Serang, tepatnya di Desa Barugbug Kecamatan Padarincang Kabupaten Serang Provinsi Banten.

Tidak hanya pembangunan fisik yang dilakukan, tetapi juga pembangunan non fisik berupa kegiatan edukatif dalam meningkatkan partisipasi masyarakat Desa. Program ini pada dasarnya bersifat take and give.

Pihak penyelenggara memberikan manfaat program pada masyarakat yang juga pada saat bersamaan mendapatkan umpan balik dari masyarakat desa yang dapat memberikan manfaat untuk TNI dalam segala hal baik itu pembangunan, pertanian dan kebudayaan.

Upaya edukatif pada program TMMD meliputi indikator kognitif, sikap dan keterampilan. Pada indikator kognitif, penyelenggara mengupayakan pada aspek pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis dan penilaian.

Pada indikator afektif, penyelenggara mengupayakan pada aspek penerimaan, tanggapan, penghargaan, pengorganisasian, dan karakterisasi berdasarkan nilai-nilai. Pada indikator keterampilan, penyelenggara mengupayakan pada aspek etos kerja,kesiapan kerja, mekanisme, respon kerja, penyesuaian dan penciptaan skill baru.

Melihat dari hasil pelaksanaan kegiatan TMMD ke-107 di Kodim 0608/Cianjur di Desa Mekarmulya Kecamatan Cikalongkulon Kabupaten Cianjur yang di mulai sejak tanggal 16 Maret 2020 dan berakhir tanggal 14 April 2020, luar biasa.

Dari hasil gotong royong bersama masyarakat hingga saat ini telah diselesaikan pengerasan jalan beton sepanjang 2 km. Perbaikan empat unit Rutilahu, rehab tempat ibadah, serta renovasi MCK.

Selain melaksanakan pembangunan sarana fisik, program TMMD di wilayah Kodim 0608/Cianjur ini juga melakukan pemberdayaan untuk masyarakat dengan memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai beberapa aspek seperti hukum dan kesehatan.(bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update